Selasa, 02 November 2010

PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PERLINDUNGAN DAN PENGAMANAN HUTAN KONSERVASI LERENG SELATAN GUNUNG MERAPI

Berdasarkan adat-istiadat lokal (setempat) yang diwariskan turun temurun dan telah berlangsung ratusan tahun . Serta adanya kepercayaan setempat yang yang mengakui adanya hubungan imaginer antara Kasultanan Yogyakarta dengan Gunung Merapi. Maka dapat dipahami bahwa keterlibatan masyarakat dengan kawasan hutan lereng selatan Merapi adalah sedemikian erat serta sudah menjadi bagian hidup sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan. Pengalaman hidup berdampingan dengan kawasan Gunung Merapi yang termasuk salah satu gunung api teraktif di dunia telah memberikan banyak pengetahuan dan ketrampilan masyarakat untuk bertahan hidup disana.
Sedemikan dalam hubungan interaktif antara kawasan hutan dengan masyarakat, maka berdasarkan atas kejadian/peristiwa yang telah mereka alami  telah muncul kesadaran dalam diri untuk berperan dalam kegiatan :
1.       Mengamankan kawasan hutan dari kebakaran hutan
2.       Melindungi tanaman hutan pada saat pengambilan rumput
3.       Terlibat langsung pada kegiatan reboisasi hutan dari mulai kegiatan persiapan lahan,  pemasangan ajir, pembuatan lubang tanam, angkut bibit sampai penanaman.
4.       Melakukan kegiatan penambangan pasir pada kawasan penyangga taman nasional dengan mengikuti kaidah yang benar.
5.       Sebagai penangkar beberapa jenis tanaman yang dilindungi antara lain species anggrek khas/endemik lereng Gunung Merapi yaitu Vanda Tricolor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar