I. LATAR BELAKANG
Salah satu strategi yang bisa dilakukan
pelaku pasar untuk memanjakan para konsumennya yaitu dengan memberikan layanan
pesan antar guna memenuhi kebutuhan pelanggan. Melalui layanan pesan antar,
konsumen tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendapatkan produk atau
jasa yang mereka butuhkan. Tidaklah heran bila sekarang ini layanan pesan antar
menjadi salah satu strategi jitu yang diambil pelaku usaha untuk meningkatkan
omset penjualannya. Misalnya saja seperti restoran-restoran besar seperti KFC,
Hoka-Hoka Bento, Pizza Hut, maupun McD, sampai pelayanan bisnis jasa seperti
delivery laundry, delivery isi ulang air galon, hingga usaha jasa tambal ban
panggilan, dan tukang ojek pun sekarang menggunakan sistem ini.
Menghadapi persaingan pasar yang semakin
ketat, banyak pelaku usaha yang mulai aktif memutar strategi untuk mendapatkan
perhatian dari konsumennya. Jika dulu para pelaku bisnis cenderung pasif dan
hanya menunggu konsumen, maka sekarang pelaku bisnis lebih aktif untuk
melakukan strategi pesan antar.
Strategi ini terbilang cukup efektif,
karena para pelaku usaha bisa mendekatkan perusahaannya dengan para konsumen
dan memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya.
Keluhan dari konsumen pun dapat diatasi karena adanya hubungan baik dan rasa
saling percaya.
Resiko
dari pemanfaatan teknologi tersebut
·
Jika jalan macet, barang yang dipesan
konsumen bisa telat
·
Pengantaran pada malam hari akan
membahayakan rider, karena riskan tindak kejahatan
·
Peluang terjadinya kecelakaan bagi rider
·
Persaingan dalam industri yang
menawarkan layanan sejenis
Kelebihan dan kekurangan dari sistem
tersebut
a)
Kelebihan
ü Barang
yang dipesan konsumen bisa datang lebih cepat
ü Mampu
mendongkrak pendapatan perusahaan
ü Barang
produksi lebih dikenal konsumen
Keluhan dari konsumen bisa langsung
diatasi
b) Kekurangan
ü Barang
yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan yang dikehendaki pelanggan
ü Sistem
toko yang tidak efisien (sembrono)
ü Karyawan
yang tidak teliti atau ceroboh
ü Pelanggan
yang memang punya kebiasaan mengeluh
II. ALUR PEMESANAN MAKANAN DELIVERY
Pelanggan dapat memesan makanan dengan
menelpon customer service lalu menginformasikan menu makanan yang dipesan
beserta nama dan alamat pelanggan. Setelah mendapatkan data makanan lalu
customer service menginformasikan rincian biaya kepada pelanggan. Setelah
customer service mendapatkan informasi makanan yang dipesan, selanjutnya
customer service memberi informasi pesanan kepada koki. Koki akan membuat dan
mengolah makanan pesanan pelanggan.
Jika makanan telah selesai dibuat maka
koki akan memberitahu ke sistem bahwa makanan yang dipesan telah tersedia dan
siap di antar. Lalu koki memberikan pesanan kepada pengantar makanan, yang
selanjutnya akan dikirim ke pelanggan berdasarkan data alamat pelanggan. Dari
bagian pengantar makanan akan memberikan catatan pesanan yang sudah di pesan
oleh pelanggan dan pengantar akan mengantar bon / nota yang harus di bayar oleh
pembeli. Setelah seluruh transaksi selesai selanjutnya customer service
memberikan laporan pesanan kepada manajer.
Referensi :
Jasa delivery makanan Pumasera.com - 56957000
BalasHapus