Selasa, 01 Oktober 2013

Analisis Kinerja Sistem Pemesanan Makanan Delivery

I.                  LATAR BELAKANG
Salah satu strategi yang bisa dilakukan pelaku pasar untuk memanjakan para konsumennya yaitu dengan memberikan layanan pesan antar guna memenuhi kebutuhan pelanggan. Melalui layanan pesan antar, konsumen tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka butuhkan. Tidaklah heran bila sekarang ini layanan pesan antar menjadi salah satu strategi jitu yang diambil pelaku usaha untuk meningkatkan omset penjualannya. Misalnya saja seperti restoran-restoran besar seperti KFC, Hoka-Hoka Bento, Pizza Hut, maupun McD, sampai pelayanan bisnis jasa seperti delivery laundry, delivery isi ulang air galon, hingga usaha jasa tambal ban panggilan, dan tukang ojek pun sekarang menggunakan sistem ini.

Menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, banyak pelaku usaha yang mulai aktif memutar strategi untuk mendapatkan perhatian dari konsumennya. Jika dulu para pelaku bisnis cenderung pasif dan hanya menunggu konsumen, maka sekarang pelaku bisnis lebih aktif untuk melakukan strategi pesan antar.

Strategi ini terbilang cukup efektif, karena para pelaku usaha bisa mendekatkan perusahaannya dengan para konsumen dan memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya. Keluhan dari konsumen pun dapat diatasi karena adanya hubungan baik dan rasa saling percaya.

Resiko dari pemanfaatan teknologi tersebut
·         Jika jalan macet, barang yang dipesan konsumen bisa telat
·         Pengantaran pada malam hari akan membahayakan rider, karena riskan tindak kejahatan
·         Peluang terjadinya kecelakaan bagi rider
·         Persaingan dalam industri yang menawarkan layanan sejenis

Kelebihan dan kekurangan dari sistem tersebut
a)            Kelebihan
ü  Barang yang dipesan konsumen bisa datang lebih cepat
ü  Mampu mendongkrak pendapatan perusahaan
ü  Barang produksi lebih dikenal konsumen
Keluhan dari konsumen bisa langsung diatasi

b)      Kekurangan
ü  Barang yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan yang dikehendaki pelanggan
ü  Sistem toko yang tidak efisien (sembrono)
ü  Karyawan yang tidak teliti atau ceroboh
ü  Pelanggan yang memang punya kebiasaan mengeluh


II.               ALUR PEMESANAN MAKANAN DELIVERY
Pelanggan dapat memesan makanan dengan menelpon customer service lalu menginformasikan menu makanan yang dipesan beserta nama dan alamat pelanggan. Setelah mendapatkan data makanan lalu customer service menginformasikan rincian biaya kepada pelanggan. Setelah customer service mendapatkan informasi makanan yang dipesan, selanjutnya customer service memberi informasi pesanan kepada koki. Koki akan membuat dan mengolah makanan pesanan pelanggan.

Jika makanan telah selesai dibuat maka koki akan memberitahu ke sistem bahwa makanan yang dipesan telah tersedia dan siap di antar. Lalu koki memberikan pesanan kepada pengantar makanan, yang selanjutnya akan dikirim ke pelanggan berdasarkan data alamat pelanggan. Dari bagian pengantar makanan akan memberikan catatan pesanan yang sudah di pesan oleh pelanggan dan pengantar akan mengantar bon / nota yang harus di bayar oleh pembeli. Setelah seluruh transaksi selesai selanjutnya customer service memberikan laporan pesanan kepada manajer.





Referensi :











1 komentar: